Review Gearset NPP Old Vixion di Yamaha Byson ; Murah! Tapi…

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Si Edward, kaki tangan aye kemane mane

Gearset, salah satu part yang vital banget di motor, terutama buat motor sport dan bebek. Part ini adalah part yang paling penting untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang. Kalau gak ada rantai dan gear, ya motor gak bisa jalan. Bisa sih sebenernya, modif aja motornya pakek gardan atau belt.

Tapi yang namanya motor bebek dan sport, Gear serta rantai inilah yang dipakai! Besarnya tenaga yang tersalurkan juga dapat diatur lewat kombinasi gear lho brosist. Gak percaya? Tinggal mainin final gear aja, mau jengat dibawah apa jengat di putaran atas? Bisa diatur…

Jangan sampe kek ginii

Oke skip obrolan ngalor ngidulnya! Gearset, part vital ini seringkali luput dari perhatian para bikers di Indonesia. Kenapa? Ya mungkin karena part ini terbuat dari besi, dan dianggap kuat serta “harus kuat” dan tahan lama di motor sebagai penyalur tenaga. Tapi yang namanya besi, kalo kena kotoran dan didiamin terus menerus ya kegerus jugak!

Baca juga nih tips merawat rantai ala Indoride! :

Kayak yang dialami sama si Kebo saya… Karena pakai gear ori dan rantai ori yang kebetulan sudah pakai rantai O-Ring (itu loh rantai yang ada karetnya), saya jadi suka lupa bersihin rantai. Karena emang rantai model ini jarang banget rewel, senyap, dan jarang kendor! Makanya saya dari awal beli jaraaang bener stel rante..

Kondisi gearnya si Kebo, udah kek gini! Ngeriii

Akibatnya, karena jarang saya bersihin dan jarang distel juga, lama-lama kok jadi berisik, dan pas dicek ternyata sudah kotor banget plus banyak karatnya. Dann… parahnya lagi, gear depan dengan mata 14 nya sudah rompal sebanyak 5 mata! Aduh ngeri!

Langsung saya cari kira-kira gear apa yang kuat ya untuk si Kebo, dan tentunya bisa tahan lama, secara saya sering wara-wiri naik si kebo, rantai wajib oke terus!

Kandidatnya :

  1. Indoparts
  2. NPP
  3. Aspira

Kenapa Sinnob, SSS, dan gearset mahal lainnya ga saya masukin? Saya rasa brosist sudah paham jawabannya.. gak usah dijawab! Plis!

Baca juga tips dan trik soal Yamaha Byson lainnya, barangkali berguna!

Oke, setelah lihat reviewnya, saya pilih NPP untuk gearnya, dan Indoparts untuk rantainya! Pergilah saya ke beberapa bengkel di dekat rumah yang jual spareparts cukup lengkap.

Pilih NPP akhirnya

Sialnya… Mereka semua kompakan ga jual ketengan, alias gear dan rantainya saja! Aduh, gawat, alamat kudu beli se set, dan gearset byson ukuran 14-40 juga kebetulan kosong semua. Mau nyari lagi pasti jauh, dan saya ga punya waktu lagi buat nyari karena mepet ada kelas jam 1 siangnya. Akhirnya saya pilih NPP satu set, dengan pertimbangan gear NPP ini katanya kuat, namun gearnya belum tentu. Ah biar saja deh!

Kudu satu set coyyy!

Subtitusi kampas kopling Yamaha Byson, baca dulu nih :

Terpaksa, saya ambil aja gearset Old Vixion dengan ukuran 14-42, dengan rantainya. Padahal rantai ori masih bisa dipake dan dibersihin, tapi bodohnya saya malah saya suruh orang bengkelnya buat dipotong aja rantainya karena ribet (rantai byson ini Seamless, gak pakai sambungan). Jadilah tak bisa terpakai lagi ini rantai… Huft!

Bongkarr! pas mau dipasang kurnag panjanggg

Yaudah terima nasib. Dipasanglah gear tersebut pada si Edward, Yamaha Byson 2012 ini. Jeng jeng jeng… masalah baru muncul lagi kata laenya! Alamaakk, naon deui jaangg??

Kebodohan ke dua saya, saya gak kalkulasi panjang arm Byson dan Old Vixion, yang ternyata panjangan Byson! Aduh, tepok jidat ke 2 kali, ampun!

Mepet banget, akhirnya saya harus nyari sambungan buat rantai ini. Motor udah dibongkar dan harus nyari lagi ke bengkel lain karena disitu ga jual ketengan.. Mlipir ke bengkel beberapa puluh meter didekat situ, akhirnya ada yang jual rantai merk Aspira 428, saya tebus dengan harga 20 ribuan aja, katanya sih rantai ga jadi pake dulu di motornya. Pas dilihat masih bagus dan masih ada pelumasnya, yaudah deh ambil!

Akhirnya kesambung juga. Dengan gear NPP, rantai NPP disambung dengan rantai Aspira. Gak tahu bisa bertahan berapa lama ini rantai oplosan.

Baca juga :

Impresi

Setelah pertama kali pasang, yang saya rasakan tarikan jadi semakin ngisi (efek rantai+gear baru kali ya). Mungkin juga plus kombinasi gear 14-42 yang bikin perhitungannya jadi pas 3 kalau dibagi. FYI, angka 3 ini sih katanya angka “sempurna” buat motor standart, artinya ga terlalu loyo di putaran bawah, dan ga terlalu ngempos di putaran atas. Dan emang pas yang saya rasain sih!

Bawaan kebo ini kombinasi gearnya 14-40, yang kalau dibagi 3 jadinya sekitar 2,85 kalau gak salah. Ya lumayan ada peningkatan ya.. (semakin tinggi angkanya, semakin jengat tarikan bawahnya untuk motor std).

Tampilannya cam gini

Untuk kekuatannya saya belum tahu gimana. tapi alhamdulillah sih sudah 2 minggu lebih setelah pemasangan, rantai masih oke dan belum ada tanda-tanda berisik kayak rantai kendor. Semoga bertahan lama deh! Gosipnya sih, gear NPP ini kuat dan ga gampang botak. Cuma katanya rantainya gampang dorceng alias kendor kenceng.. Ya semoga aja ga begitu deh, kita uji setahun kedepan gimana… Wokeee!

Oiya, soal harga, gearset Old Vixion ini saya tebus seharga 109 ribu rupiah, untuk sambungan rantai aspira (New Old Stock) nya 20 ribu, dan ongkos pasangnya 25 ribu karena saya ga ada alat buat masang sendiri :v. Oke deh, jangan lupa rantai mtoornya dirawat ya brosist! Biar awet dan ga putus ditengah jalan… Percayalah, putus rantai ditengah jalan lebih sakit dari putus dengan pacar pas lagi sayang-sayangnya! XD.

Semoga berguna ya brosist!

Thanks for reading and sharing, please leave your comment below here, and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
Instagram : @indoride

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Review, Yamaha and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Review Gearset NPP Old Vixion di Yamaha Byson ; Murah! Tapi…

  1. Mas Huda says:

    Kok horor banget gitu ya sampai rompal

    Like

  2. petjek says:

    ga kebalik bang pasang gir belakang atau sengaja dibalik 😀
    kalau nanti ganti girset lagi, coba merk TK racing atau FSCM bang,

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s